Agar Ban Tidak Aus Sebelah

Mobil standar umumnya memiliki ground clearance yang tidak terlalu pendek, walau sedan sekalipun. Buat yang hobi mobil dan mengutak- atik mobil, penampilan mobil yang pendek atau kadang disebut ceper, memang keren dan bergaya.

Membuat mobil menjadi lebih pendek perlu  usaha. Hal itu bisa dilakukan dengan mengganti suspensi yang adjustable, yaitu suspensi yang dapat diatur naik turunnya, atau bisa juga mengganti per dengan lowering kit yang cocok pada mobil yang akan dipendekkan.

Pada mobil yang sudah dimodifikasi menjadi lebih pendek, biasanya sudut chamber cenderung menjadi negatif, yang mana jika dilihat kasat mata dari belakang atau dari depan, posisi ban bagian atas dengan bagian bawah tidak tepat horizontal, melainkan bagian bawah yang menyentuh tanah membentuk  sudut yang lebih keluar dibandingkan dengan bagian atas.

Sebaliknya, chamber bisa juga menjadi positif dengan posisi ban bila dilihat secara horizontal tampak kebalikan dari sudut chamber negatif, yaitu posisi ban bagian bawah tampak membentuk sudut masuk ke dalam dibandingkan dengan posisi ban bagian atas.

Perawatan yang tepat setelah memodifikasi mobil menjadi lebih pendek adalah dengan cara melakukan spooring, karena kadang perubahan sudut chamber tidak tampak nyata namun tetapi dalam jangka panjang akan memberikan keausan yang tidak rata pada ban.

Posisi chamber positif membuat ban makan luar (aus pada bagian luar) dan tidak stabil sedangkan pada posisi chamber negatif, akan menyebabkan ban aus pada bagian dalam. Jika terjadi chamber positif atau negatif maka harus ada tindakan yang diambil untuk mengatasinya, yaitu menyetel chamber dengan baut chamber universal.

Dengan baut chamber ini pula, sudut chamber dapat distel secara sempurna menjadi chamber negatif untuk memberi efek stabil pada kendaraan, tetapi tentu saja akan ada kompensasinya, yaitu ban akan aus terlebih dahulu  pada bagian dalam.

Walaupun memiliki bentuk yang sama, namun ukuran baut chamber yang digunakan satu mobil belum tentu cocok dipakai pada mobil yang lain. Kisaran ukuran yang banyak dipakai adalah 12mm,14mm dan 15mm.

Setelah di-spooring dan chamber  di stel sesuai denagn keinginan, barulah kenyamanan dan keamanan didapat.

Jadi ceper dan keren saja tidak cukup bukan?

 

Berbagi Info

Sponsor Anda

Who's Online

We have 59 guests online

Agen Asuransi Mobil

Feel free to get in touch with us!
 
M. Hadi WN. ST.
Qualified Insurance Practitioner
Hp.           0815 8415 3838, 0813 840 38848
Direct:     021 – 341 88 999 - 4030 8 999
email:      hwn at asuransikendaraan.net