Apa Itu SAE, API Service?

SAE adalah kode tingkat kekentalan oli dengan standarisasi internasional. Contoh SAE 10w-40 API SL, angka menandakan tingkat kekentalan oli tersebut. Makin besar angkanya berarti semakin kental olinya. Huruf W sendiri artinya “Winter”, artinya oli tersebut memiliki angka kekentalan 10 pada suhu dingin, dan angka 40 pada sunu panas. Oli yang memiliki dua angka kekentalan disebut multigrade. Sedang yang satu angka disebut singlegrade, atau monograde.

API (American Petroleum Institute) sendiri adalah menunjukan kualitas dari oli tersebut. API service yang umum berlaku untuk kendaraan bermotor pada saat ini adalah SH sampai SM. Pemakaian oli sebaiknya menurut kualitas yang dibutuhkan, karena  biasanya semakin tinggi nilai APInya, semakin mahal harga olinya, dan terkadang tidak sesuai dengan yang kita butuhkan.

Akan tetapi apabila kendaraan Anda membutuhkan oli dengan API SJ, ada baiknya untuk memilih pelumas ber-API SJ atau setingkat diatasnya agar mesin mendapatkan proteksi yang dibutuhkan.

Ada dua tipe API berdasarkan pemakaian bahan bakarnya. API S*, untuk mesin bensin (S=Spark-plug/busi), atau API C*untuk mesin diesel (C=Combustion/Commercial).

Oli berkualitas juga dapat memiliki fungsi ganda untuk kedua jenis mesin. Misalnya Scorpion Ranger 15w-40 CI4/SL, artinya tingkat kekentalannya ganda (15 pada suhu dingin, dan 40 padasuhu panas), untuk mesin diesel memenuhi API service CI4 dan apabila diperlukan dapat dipakai di mesin bensin dengan API SL.

Sumber: scorpionlube.com

 

Berbagi Info

Sponsor Anda

Who's Online

We have 5 guests online

Agen Asuransi Mobil

Feel free to get in touch with us!
 
M. Hadi WN. ST.
Qualified Insurance Practitioner
Hp.           0815 8415 3838, 0813 840 38848
Direct:     021 – 341 88 999 - 4030 8 999
email:      hwn at asuransikendaraan.net